Random Post

Minggu, 18 November 2012

Kirab budaya dalam HUT kota Cirebon


KOTA CIREBON – Kirab budaya yang menampilkan berbagai seni budaya di wilayah Cirebon memeriahkan puncak acara HUT Kota Cirebon yang jatuh setiap 1 Muharram, Rabu (15/11). Seni budaya yang ditampilkan diantaranya buroq, telik sandi, berokan, tari topeng, Barongsai, genjring rudat dan angklung buncis.
Walikota Cirebon Subardi yang membuka kirab mengungkapkan, kirab digelar untuk mengingatkan kesenian dan kebudayaan daerah Cirebon. “Seni budaya di wilayah Cirebon itu sangat banyak. Ada yang sudah dikenal luas, tapi banyak pula yang belum dikenal,” katanya. Subardi berharap gelaran kirab budaya bisa menjadi sumber inspirasi semua pihak, untuk terus membangun Cirebon dan kegiatan ini mudah-mudahan akan terus dilakukan.

Kirab budaya yang rutin digelar setiap tahun dimulai dari Jln. Siliwangi persis di depan Balaikota dan gedung DPRD, dan berakhir di Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon. Kirab budaya digelar seusai sidang paripurna istimewa dalam rangka hari jadi. Cuaca panas yang menyengat siang itu, tidak menjadi penghalang sediktipun bagi masyarakat untuk berbondong-bondong menonton kirab budaya.
Ribuan warga memadati sisi jalan yang dilewati rombongan kirab budaya. Rabu malam, rangkaian hari jadi Kota Cirebon dilanjutkan dengan Pembacaan babad Cirebon di Keraton Kanoman.

0 komentar:

Posting Komentar