Random Post

Minggu, 18 November 2012

Bambu Gendong Wujud Generasi Muda Pertahankan Budaya Bangsa


Bambu Gendong  Wujud  Generasi Muda Pertahankan Budaya  Bangsa
NET
hadir Bambu Gendong atau dikenal dengan nama Langggir Badong merupakan alat musik ciptaan generasi muda yang peduli pada budaya lokal dalam ajang Sampoerna Kretek Asyiiik Fest 2012 di Di Lapangan Bondol, Semplak, Bogor Sabtu (17/11/2012), 

TRIBUNNEWS.COM BOGOR – Sebenarnya, antusiasme generasi muda dewasa terhadap budaya lokal yang dikemas dalam bentuk modern masih sangat besar. Bukan saja soal musik, tapi juga kuliner, kegiatan tradisional, hingga hiburan rakyat. Semua dirangkum dalam " Sampoerna Kretek Asyiiik Fest 2012 " yang turut digelar di enam kota, dengan kekayaan budayanya masing-masing, yakni Malang, Semarang, Sukabumi, Karawang, Bandung, dan Bogor.
Di Lapangan Bondol, Semplak, Bogor Sabtu (17/11/2012) dalam ajang kegiatan Pesta Rakyat Asyiiik Festival . Engrang menjadi salah satu kegiatan yang dihadirkan di Lapangan
Tak kalah menariknya kegiatan di Bogor Sabtu kemarin ada sesuatu yang cukup untuk disaksikan, dimana hadir Bambu Gendong atau dikenal dengan nama Langggir Badong merupakan alat musik ciptaan generasi muda yang peduli pada budaya lokal.
Lalu apakah Bambu Gendong atau yang biasa disebut dengan Langgir Badong ?
Langgir Badong. Alat musik tradisional dari Bogor ini mampu menghasilkan melodi dari harmonisasi alunan merdu suara pukulan bambu yang dikolaborasikan dengan tarian dan lirik lagu yang modern.
Lagu-lagu yang ceria dan penuh semangat dibawakan dengan asyik dan unik oleh Langgir Badong (bambu gendong).
Langgir Badong merupakan sebuah kesenian kreasi yang dibesarkan di daerah Bogor. Alat musik ini seluruhnya terbuat dari bambu. Seni kreasi yang diciptakan oleh Ade Suarsa ini menggunakan bambu dalam berbagai ukuran dan bentuk yang ditabuh sebagai penghasil suara utama.
Misinya, melestarikan budaya rakyat dalam gaya bermusik. Menurut Ade Suarsa, bermusik tidaklah harus mengikuti apa yang diinginkan oleh industri.
"Justru bermusik dengan alat musik tradisional akan membentuk pasarnya sendiri, sekaligus melestarikan budaya lokal dalam bermusik," ujar Ade.
Langgir Badong merupakan satu contoh apresiasi generasi muda dewasa terhadap budaya lokal yang dikemas dalam bentuk modern.
Sebenarnya, antusiasme generasi muda dewasa terhadap budaya lokal yang dikemas dalam bentuk modern masih sangat besar. Bukan saja soal musik, tapi juga kuliner, kegiatan tradisional hingga hiburan rakyat.
Semua fenomena budaya ini difasilitasi oleh Sampoerna Kretek, yang juga memiliki kepedulian terhadap kelestarian budaya lokal dalam sebuah gelaran pesta rakyat bertajuk Sampoerna Kretek Asyiiik Fest yang digelar di 6 kota, yakni Malang, Semarang, Sukabumi, Karawang, Bandung dan Bogor. Rangkaian acara tersebut kini telah mencapai garis kota yang terakhir, yang digelar di Lapangan Bondol, Semplak, Sabtu (17/11/2012).
”Munculnya kebanggaan generasi muda dewasa terhadap budaya lokal yang dikemas dalam bentuk kontemporer harus diapresiasi. Dan kami mewujudkannya dalam Sampoerna Kretek Asyiiik Fest, yakni sebuah hiburan yang disajikan dalam bentuk pesta rakyat dan menghadirkan semua unsur budaya lokal, mulai dari kesenian/musik, kuliner, hingga kegiatan interaktif tradisional,” ujar Marketing Manager Sampoerna Kretek, Yasin Tofani Sadikin.
Di Lapangan Bondol yang biasanya sepi kali ini dengan hadirnya Asyiiik Fest tiba-tiba menjelma menjadi sebuah arena pesta rakyat.
Ratusan sepeda ontel dengan kostum yang unik juga  hadir  dalam ajang kegiatan kali  ini  .  Mereka   tak hanya memamerkan koleksi sepeda , para pesepeda ontel yang tergabung dalam Onthel Community (Oncom) Bogor ini juga terlihat asyik bergoyang dan bercengkrama diiringi alunan musik bambu dari Langgir Badong, sembari sesekali menikmati  segarnya es mangga dan pala aming khas Bogor.
Sementara itu di sudut lapangan lainnya, pengunjung disambut oleh sejumlah kegiatan interaktif tradisional seperti engrang, dadu, galasin, dan gasing.
Setelah lelah mencoba semua atraksi yang ada, pengunjung pun akan dimanjakan dengan kenikmatan kuliner khas Jawa Barat yang telah dipilih secara khusus oleh Bondan Winarno.

0 komentar:

Posting Komentar